Merah Putih

poster merah putihMerah Putih

PT Media Desa & Margarete House Production

Directed by: Yadi Sugandi

Starring: Lukman Sardi, Donny Almansyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola, Rahayu Saraswati

Genre: Action, Adventure, War

Tahun ini kemerdekaan Indonesia disambut dengan cara yang berbeda oleh para sineas tanah air, yap rasa nasionalisme mereka tunjukkan dengan merilis sebuah tayangan film perang kemerdekaan bersamaan dengan momen 17an. Banyak yang spesial dari film ini jika dibandingkan dengan film2 indonesia kebanyakan, mulai dari pembesutannya yang memakai format 35-mm hingga crew nya yang melibatkan para ahli dari Hollywood. Bisa dibilang proyek trilogi ini adalah blockbusternya film lokal, diperkirakan biaya produksi ketiga filmnya mencapai 6 juta USD. Sebuah kemajuan bagi dunia perfilman indonesia😀

Ceritanya sendiri tentang sekelompok pemuda dari penjuru nusantara yang berbeda latar belakangnya berkumpul untuk mendaftar jadi tentara, ada Tomas(Doni Alamsyah) yang menyaksikan keluarganya dibunuh penjajah, Amir(Lukman Sardi) seorang guru yang meninggalkan istrinya demi membela negara, Soerono(Zumi Zola) dan Marius(Darius Sinathrya) dari Jawa. Mereka harus bersatu untuk bertahan dari serangan penjajah, berjuang secara gerilya melawan tentara musuh, dan yang paling penting mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

merahputih

Merah Putih menurut saya adalah awal baru bagi perfilman Indonesia, terutama bagi genre action yang sejak dulu jarang dibuat. Meskipun dari segi aksi sendiri, para cast masih tampak canggung namun tidak jadi masalah yea i know those guys don’t familiar with guns, aktingnya masih lumayan, credit to Lukman Sardi🙂 . Setting tempoe doeloe ditampilkan dengan bagus menunjukkan film ini tidak asal buat. Sayangnya yang tetap mengganggu adalah dialog2nya, tampak kurang bersemangat, lame, tidak menarik tetapi mungkin daya tariknya adalah aksen2 kedaerahan dalam pengucapan sehingga jadi unik dan lucu.

IMG-6259-small

Perlu diingat film ini adalah bagian pertama dari sebuah trilogi, jadi jika mungkin adegan perang ataupun cerita terasa kurang klimaks, well this is our first trilogy ever🙂 . Tidak seperti trilogi2 film hollywood yang ending salah satu filmnya bisa diterima sebagai ‘the end’ meskipun ceritanya masih akan berlanjut, misal: X-Men Trilogi, ending Merah Putih benar-benar nanggung dan menimbulkan kesan ‘harus ditonton sampai film ketiga’.

merah-putih-2

Seperti apapun filmnya pesan yang tersalurkan adalah jelas, Persatuan! Yea mempertahankan kemerdekaan bahkan lebih sulit daripada mencapainya, tanpa persatuan dan jiwa nasionalisme yang kuat dari para pejuang kita tidak akan mungkin melewati tahun 1945-1948. Harapannya semoga film ini dapat menginspirasi kita untuk lebih mencintai tanah air. Merdeka Indonesia😀

My Rating: 7/10

~ by swindleroz on August 26, 2009.

5 Responses to “Merah Putih”

  1. love lukman sardii!
    tapi belom nonton juga ni dit. belom bisa keluar jauhjauh. hhe.
    masi mengandalkan donlot di rumah.

    eh iya dit, review film yang agak lama dong di atas 2008 gitu.
    aku lagi nyari film semacam Into The Wild.
    yang inspiring. hhe.

    • kok belom bisa keluar jauhjauh mbak? liburan lo hha.
      okaay, coba little miss sunshine tu lo mbak bagus😀 atau forrest gump🙂

  2. honestly gw agak kecewa setelah nonton merah putih…emg siy musti di appreciate karna udh lama ga ada genre war action gini di indo.
    Cuma kan gembar gembor promo ttg kru2 hollywwod, dan betapa akan dahsyatnya filn ini ga gw temuin di bioskop…
    gw ngerasa flownya kaku, editingnya keknya kurang jeli, tapi karena ini trilogi jadi masih bisa ditolerir lah, dg harapan tar yg ke-2 dan 3 lebih menggigit..

    • namanya juga bahasa iklan hhe pasti berlebihan. but yea, aku juga ngerasa editingnya masih kasar. tunggu aja film keduanya apakah lebih bagus🙂 btw sebentar lagi sang pemimpi rilis gotta watch it

  3. . aku love bngt sm ini film,,,
    . saluutt sma perjuangan pahlawan pendahulu, subhanallah…
    . jd ingn nnton yg ke 3…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: