La vita è bella

Tanggal 23-25 November ini fakultas ilmu budaya(FIB) ugm, jurusan sastra prancis bikin festival makanan dan film Eropa, nah karena kesal enggak bisa dateng iNAFF dan JIFFEST(mungkin) saya menyempatkan diri untuk dateng di Cui-Cine ini😀 lagian film2 yang diputar sepertinya cukup menarik. Oke, so today’s show was La vita è bella apalah arti judul film itu saya tidak tahu.

Okay I missed the first 20 minutes because I was late, tapi ternyata film ini masih bisa diikuti. Ceritanya tentang Guido(Roberto Benigni) seseorang yang sangat humoris, innocent, dan berimajinasi tinggi yang jatuh cinta pada seorang guru SD, Dora(Nicoletta Braschi), walaupun Dora telah bertunangan dengan lelaki lain tapi Guido tetap berjuang untuk mendapatkan cintanya. Kemudian kisah berlanjut 5 tahun kemudian, Guido menikah dengan Dora dan memiliki anak lelaki yang mereka beri nama Giosue(Giorgio Cantarini). Karena Guido adalah kelahiran Yahudi, ia tertangkap oleh pasukan Nazi dan dikirim ke kamp konsentrasi bersama Giosue, ironisnya hari itu adalah hari ulang tahun sang anak. Kemudian, Dora yang sebenarnya bukan yahudi nekat mengikuti keluarganya dikirim ke kamp

Sebenarnya film ini bisa dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama adalah ketika Guido dengan aksi konyolnya berusaha untuk merebut hati Dora, its the part where the audiences can go LOL the loudest. Tidak ada humor kasar seperti dalam komedi2 Judd Appatow, tapi La vita è bella menyajikan humor2 simpel yang innocent. Bagian kedua dimulai ketika cerita warp ke 5 tahun berikutnya, ketika Guido dan keluarga masuk ke kamp konsentrasi. Tidak tega jika Giosue mengetahui horor yang sebenarnya mereka hadapi, Guido berbohong pada anaknya jika mereka sedang bermain. Yeah. He told him that it is a game where the aim is to score thousand points and the winner winning a real tank. Benarbenar ironis, di ujung hidupnya seorang ayah terus berusaha untuk membuat anaknya tertawa. Seberat dan sekejam apapun siksaan yang dialami Guido, ia tetap tertawa didepan Giosue agar Giosue tidak merasa takut. Di bagian ini porsi humor tetap ada, tapi rasanya sulit untuk tertawa jika kita menyadari keadaan yang sebenarnya menimpa mereka.

Giosué Orefice: “No Jews or Dogs Allowed.” Why do all the shops say, “No Jews Allowed”?
Guido: Oh, that. “Not Allowed” signs are the latest trend! The other day, I was in a shop with my friend the kangaroo, but their sign said, “No Kangaroos Allowed,” and I said to my friend, “Well, what can I do? They don’t allow kangaroos.”
Giosué Orefice: Why doesn’t our shop have a “Not Allowed” sign?
Guido: Well, tomorrow, we’ll put one up. We won’t let in anything we don’t like. What don’t you like?
Giosué Orefice: Spiders.
Guido: Good. I don’t like Visigoths. Tomorrow, we’ll get sign: “No Spiders or Visigoths Allowed.”

Ini bukan film tentang nazi, bukan tentang holocaust, bukan tentang yahudi, ini adalah film tentang cinta, optimisme, keberanian, dan harapan, pesan dari film ini; seburuk apapun keadaan yang menimpa kita selalu ada jalan untuk membuatnya lebih baik. Emang mungkin ceritanya sedikit klise dan berbeda dengan fakta kamp konsentrasi itu sendiri, tapi dimaafkan😀 karena menurut saya Benigni lebih menekankan unsur human-bonding daripada cerita yang realistik.

Roberto Benigni benabenar total dalam film ini, selain sebagai aktor utama ia juga berperan sebagai sutradara dan penulis naskah. Usahanya tidak sia-sia, piala Best Actor di ajang Academy Awards ia bawa pulang di tahun 1999. Filmnya sendiri diganjar 3 piala untuk Best Foreign Film, Best Music, dan Best Actor.

My Rating: 8.5/10

Watch the Trailer

~ by swindleroz on November 24, 2009.

6 Responses to “La vita è bella”

  1. wah gw punya dvd nya cuman belom ditonton hahaha btw, La vita e bella artinya (dan judul internasionalnya): Life Is Beautiful

  2. hiaaa… ini pileeemmm…
    dari kmaren pengen nonton ini mulu tapi belom kesampaian.
    hhe.

  3. mas anda salah menulis harusnya fakultas ilmu budaya(FIB) ugm, yang ngadain jurusan sastra prancis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: