A Mighty Heart

A Mighty Heart

Paramount Vantage

Directed by: Michael Winterbottom

Starring: Angelina Jolie, Dan Futterman, Archie Punjabi

MPAA Rating: Rated R for language

Genre: Biography, History, Drama, War

Ceritanya tentang sepasang jurnalis, Daniel(Dan Futterman) dan Mariane(Angelina Jolie) Pearl yang datang ke Pakistan untuk meliput tentang terorisme. Ditengah pekerjaannya, Daniel Pearl diculik oleh kelompok teroris. Dari sini Mariane, yang sedang hamil, tidak tinggal diam menghadapi ancaman teroris, ia bersama teman2 dan agen pemerintah dari berbagai negara mecoba segala cara untuk menemukan dan menyelamatkan Daniel.

Mariane: Karachi. One of the biggest cities in the world. The main port of entry to, and departure from, Pakistan. There are so many people in this city that no one knows how to count them. How would you find one man amongst all this?

A Might Heart sebenarnya lebih kayak cerita cinta yang di set dalam setting kekacauan politik dunia setelah kejadian 9/11. Karena saya lihat Michael Winterbottom, sang sutradara, lebih berfokus pada karakter Mariane dan pergolakan batinnya dan usaha menemukan Daniel, bagaimana polisi mencari jejak kriminal di kota sesibuk Karachi. Topik2 seputar politik, agama, terorisme yang biasanya sering muncul tidak dibahas secara mendalam. Tapi mungkin itu yang terbaik, karena bagaimanapun sudut pandang orang tentang hitam dan putih itu berbeda, membahas tentang isu-isu seputar ‘terorisme dan agama’ dalam sebuah film adalah riskan. Bahkan Presiden US Barrack Obama memiliki pandangan sendiri terhadap topik ini, seperti yang ia katakan dalam pidato Nobel nya

Barrack Obama: Akan ada waktunya saat negara-negara–bertindak sendirian ataupun bersamaan– akan menemukan bahwa penggunaaan kekerasan bukan cuma diperlukan namun juga dibenarkan secara moral.

Barrack Obama: Jangan salah, kejahatan ada di dunia ini. Gerakan non-kekerasan tak akan bisa menghentikan militer Hitler. Negosiasi tidak bisa membujuk para pemimpin Al Qaeda untuk meletakkan senjata mereka.

Bagi yang senang nonton film dokumenter, A Mighty Heart bisa jadi cocok buat kamu, karena film ini di shoot dalam model Semi-Dokumenter. Tapi secara umum A Mighty Heart cukup sulit untuk ditonton, dengan gaya semi-dokumenter bisa jadi penonton bosan apalagi kalo yang nonton sudah tahu akhir cerita ini, yeah this story was on newspaper and TV years ago. Ditambah lagi karakter2 film ini sangat ‘manusia’ dan realistis, well, membosankan bagi sebagian penonton mungkin. Saya sendiri kebetulan suka dengan topik seperti ini jadi bisa mengikuti tanpa menguap, it actually succeed to keep me think like ‘omg this has to be ended differently’ because i knew whats gonna happen at the end😦

Menariknya pemeran Mariane Pearl, sang karakter utama, tidak lain dan tidak bukan adalah Angelina Jolie. Transformasinya jadi wanita berkulit gelap mengundang kontroversi, as always. Tapi si Lara Croft ini ternyata mampu memerankan Mariane dengan penuh dedikasi dan penghayatan. Emosi seorang istri yang suaminya hilang entah kenapa, emosi seorang calon ibu yang harus tetap tegar dalam keadaan apapun; berhasil ditampilkan Jolie. Mungkin emang Jolie cocok untuk peran2 ini, di Changeling dia juga bagus🙂 Dan Futterman meski hanya muncul sebentar tapi bisa sejalan sama Jolie dan chemistry mereka tampak bagus.

Not recommended to buy, better rent it.

My Rating: 7.5/10

~ by swindleroz on December 12, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: