Pintu Terlarang

Pintu Terlarang

Lifelike Pictures

Directed by: Joko Anwar

Starring: Fachry Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu

Genre: Thriller, Mystery

Wow udah lama banget ga nonton film negeri😀 actually i just rewatched this one, because that time i wasnt  into the movie and i missed alot. So this is Pintu Terlarang, pertama kali di 2009 tertarik sama film ini buat film negeri. Why? Sutradaranya Joko Anwar. Who’s him? Ask google for details, yang jelas film2nya tidak bisa dilewatkan, Arisan(2003), Janji Joni(2005), Kala(2007) bunch of amazing movies he delivered. Di Pintu Terlarang ini aktor Fachry Albar dan Ario Bayu bekerjasama untuk kedua kalinya dengan Joko Anwar, pertanda bagus soalnya di Kala mereka cukup mengesankan. Bisa jadi om Joko  mengikuti sutradara2 Hollywood yang suka pake aktor yang sama buat film2 mereka😀

Menceritakan tentang kehidupan dari seorang pematung sukses, Gambir(Fachri Albar). Walaupun sukses tapi hidup Gambir ternyata tidak bahagia, hubungannya dengan Talyda(Marsha Timothy) tidak harmonis. Kemudian Gambir mulai mendapat pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya. Dari sebuah klub eksklusif yang menempatkan kamera tersembunyi di rumah-rumah orang, Gambir mengetahui kalo yang mencoba menghubunginya adalah seorang bocah laki-laki berusia 7 tahun yang disiksa oleh orang tua nya. Dihantui oleh rasa penasaran Gambir mulai paranoid, puncaknya ketika ia menemukan sebuah pintu misterius di rumahnya yang tidak boleh dibuka.

pintu terlarang scene

Genre thriller psikologis memang jarang muncul di perfilman negeri, tapi Joko Anwar sekali lagi berhasil menunjukkan kualitasnya dalam film ini. Pintu Terlarang seolah membawa penonton ke dunia seorang Gambir yang dikelilingi banyak pintu, dan tiap pintu yang ia buka akan berujung pada pertanyaan absurd. Mulai dari istrinya yang berkelakuan aneh, gejolak psikologisnya, hingga kehidupannya sendiri yang dirasa tidak berarti. Nah disinilah salah satu kehebatan film ini, pengkarakteran tokoh-tokoh baik figuran maupun tokoh utama benar-benar kuat dan noticeable, yang tentu saja didukung oleh akting mereka yang mempesona. Para figuran, supporting, main cast muncul dengan momen, tempo, dan durasi yang pas. Luar biasa. Dan lagi pemunculan mereka bukannya cuma jadi hiasan, tapi punya efek buat plot utama. And talking about plot, its brilliant, i love the twist.

pintu terlarang scene

Satu lagi yang beda dari film ini adalah sinematografi, kesan gelap, noir, sepi, dan absurd berhasil ditangkap dengan bagus. Remember that Marilyn Monroe billboard?😀 Ditambah iringan score musik yang bikin pengen loncat dari kursi, two thumbs for it, Pintu Terlarang adalah eksposisi yang sempurna. Habis menonton kita akan hanyut dengan ending dan jawaban dari film ini, karena maknanya bisa bermacam-macam tergantung bagaimana penonton merespon. You won’t regret watching.

No Question, Use Your Imagination

My Rating: 7.5/10

~ by swindleroz on December 15, 2009.

2 Responses to “Pintu Terlarang”

  1. ini film Indonesia paling keren. suka banget hehe
    salam kenal ye🙂
    gimana kalo kita tukeran link ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: