The Runaways

The Runaways

Sebuah film tentang grup rock wanita yang menjadi hit di era 70an, The Runaways. Diproduseri sendiri oleh Joan Jett, anggota asli grup tersebut, film ini mengisahkan tentang apa yang dialami The Runaways sampai ke sisi-sisi gelapnya dengan berfokus ke dua personil utamanya, Joan Jett dan Cherie Currie.

Era dimana kebebasan wanita untuk berekspresi masih dibawah bayang-bayang norma, soon-to-be rock star, Joan Jett(Kristen Stewart), berencana untuk melawan arus dengan membentuk grup band yang semua personilnya adalah wanita. Setelah berhasil menarik perhatian seorang produser nyentrik, Kim Fowley(Michael Shannon), jalan menuju impiannya mulai terbuka. Dimulai dengan Joan sebagai gitaris sekaligus vokal dan Sandy West(Stella Maeve) sebagai drummer. Namun merasa ada yang kurang, Fowley kemudian merekrut Cherie Currie(Dakota Fanning), gadis 15 tahun yang bermasalah dengan keluarganya, sebagai vokalis sekaligus berniat untuk menjadikannya ikon dari grup band tersebut. With few more personil additons, the groundbreaking all-girl rock band, The Runaways, formed.

Layaknya film-film biopik pada umumnya, plot dalam film ini tentu saja berkisah tentang naik dan turunnya grup band The Runaways. Formula seperti ini telah ratusan kali diusung oleh para sineas. Meskipun berani menyentuh topik-topik kontroversial seperti alkohol, narkotik, dan seksualitas remaja, film ini tidak lantas menjadi unik ataupun spesial, karena memang tidak sedikit film sejenis yang mengangkat isu yang sama. Dan sayang sekali Floria Sigismondi sebagai sutradara sekaligus penulis naskah tidak memberikan kedalaman cerita yang pas sehingga emosi dan konflik yang dialami para karakter kurang tergambarkan. It feels like a long music video, which maybe not very surprising, karena sang sutradara kerapkali berkecimpung dalam pembuatan music video.


Kristen Stewart memainkan Joan Jett dan ia berhasil memberikan sebuah performa yang kuat. Well, Joan herself is the producer of the movie dan tentu saja ia tidak ingin Bella Swan merusak dirinya di layar😀 Mungkin Stewart menyadari hal ini dan benar-benar melakukan studi karakter. Sayangnya ia tidak diberi monolog atau dialog yang panjang untuk menunjukkan karakternya, yeah her lines are short. Scene favorit saya ketika ia mengkritik Cherie karena bersedia difoto ‘berani’.

Joan Jett: What were you thinking? Publicize the music..not your crotch.

Dakota Fanning sebagai Cherie Currie, menurut saya ia memberikan sebuah penampilan yang bagus sebagai Currie yang bermasalah dan tercemar dengan adiksi narkotik namun ia tidak menggambarkan seorang musisi dengan baik, saya tidak melihat adanya kecintaan Fanning terhadap musik ataupun band, ia seperti ‘terpaksa’ untuk bernyanyi. It just doesn’t feel right.

Michael Shannon tampak paling menonjol disini. Setelah sebelumnya bermain sebagai pria dengan keterbelakangan mental dalam Revolutionary Road, kali ini ia juga berhasil memunculkan sebuah karisma yang kuat dalam kenyentrikan Kim Fowley yang seolah berkata ‘I’m not a filthy, i’m a genius!’


Overall, sebenarnya The Runaways bukanlah film yang jelek, meskipun seringkali nadanya tidak pas, dalam beberapa saat ketika ia mengetuk nada yang tepat, it’s an enjoyable movie. Lagu-lagu soundtrack kerap mengalun dan enak untuk didengar, penggemar grup The Runaways atau penyuka genre musik punk-rock yang tidak mencari kedalaman cerita should watch this. Not recommended for under-ages, considering the mature contents on it.


My Rating: 6/10

~ by swindleroz on July 27, 2010.

4 Responses to “The Runaways”

  1. kayaknya ini film sangar! haha.. wah, yang masih anak-anak gak boleh nonton ya? yaudah deh, nggak usah nonton *padahal😀
    tapi filmnya ‘terlihat’ jadul banget e.. serasa lihar review nya ‘back to the future” (jauh bgt yo? haha , ngasal)

    • bukan ga boleh, tp ga disarankan hehe. yeep emang settingnya taun 70an nih😀 pada pake cutbrei haha

  2. gak nyangka si Dakota Fanning udah beranjak dewasa dan kedepannya siap tampil lebih liar lagi, mungkin?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: