Makoto Shinkai’s: Voices of a Distant Star & The Place Promised in Our Early Days

The Place Promised in Our Early Days

Dikisahkan setelah kalah dalam Perang Dunia II, Jepang terbagi menjadi dua bagian. Bagian utara, Pulau Hokkaido (Ezo), diduduki oleh Union sedangkan pulau Honshu dan pulau-pulau di selatan lainnya berada dibawah kuasa US.

Ketika itu, di pulau Hokkaido, Union membangun sebuah menara misterius yang tingginya seolah menembus langit. Jauh di selatan, dua orang sahabat, Hiroki Fujisawa(voice: Hidetaka Yoshioka) dan Takuya Shirakawa(voice: Masato Hagiwara) bersama dengan Sayuri Sawatari(voice: Yuuka Nanri) bercita-cita untuk melihat lebih jelas menara yang tidak pernah tersentuh oleh mereka yang tinggal di daerah selatan itu. Untuk itu mereka berusaha memperbaiki sebuah pesawat yang mereka beri nama Velaciela. Sayangnya usaha mereka ini tak berlanjut setelah Sayuri hilang secara tibatiba.

Di film ini Makoto Shinkai berhasil membawa penonton ke dalam sebuah dunia fantasi dengan balutan visual yang sangat indah dan manis, diiringi dengan scoring yang lembut menjadikan suasana film ini mudah untuk diselami. Tempo ceritanya yang mengalir secara tenang secara gamblang merefleksikan bahwa film ini berfokus pada hubungan antar karakter, dimana science fiction berperan sebagai ‘alunan biola’ untuk jalannya romantisme dan tensi drama hubungan para karakter tersebut.

Dari segi plot cerita, sebagai film yang memainkan unsur science fiction, banyak hal-hal absurd yang kurang masuk akal dalam ‘The Place..’, seperti kemampuan anak SMP untuk merangkai pesawat, dunia parallel atau perang yang berlangsung. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, science dan hal-hal teknis seperti mekanisme dan birokrasi hanyalah pengiring bagi kisah Hiroki, Takuya, Sawatari, dan konflik yang mereka alami. Plot ini mungkin sulit untuk diikuti secara logika science dan memang cenderung membosankan, tetapi gambar-gambar yang indah, suasana ‘sepi’ yang hangat, dan emosi karakter yang kuat menjadi daya tarik utama ‘The Place..’

My Rating: 7/10

 

Voices of a Distant Star

Sebuah film pendek tentang Long-Distance Relationship antara dua remaja, Mikako Nagamine dan Noboru Terao, yang terpisah oleh rentang jarak dan waktu yang sangat jauh. Nagamine direkrut oleh UN Space Army untuk menjelajah angkasa sekaligus berperang melawan ras alien bernama Tarsians, kemudian ia meninggalkan bumi  dan berpisah dengan Noboru. Pada awalnya mereka saling bertukar kabar melalui fasilitas sms antarplanet, tetapi Nagamine semakin jauh dari bumi dan smsnya semakin lama untuk sampai ke Noboru.

‘Voices..’ ditulis, dibuat, dan diproduksi sendiri oleh Makoto Shinkai dirumahnya hanya dengan sebuah laptop. Pada awalnya Makoto dan istrinya sendirilah yang mengisi suara karakternya, namun ketika rilis secara DVD film ini sudah didubbing oleh pengisi suara professional.

Karya-karya Makoto Shinkai memang tidak pernah lepas dari keindahan visual panorama dan detil-detil, pacing yang lembut juga seolah menjadi ciri khas film-filmnya. Di film ini terdapat mecha, spacecraft, dan alien yang didesain dengan sangat baik oleh Makoto, mengingat proses desainnya hanya menggunakan laptop rumah. Namun satu hal yang mengganggu saya, kontras dengan mecha dan benda-benda lain yang sangat detil, desain karakter di film ini sangatlah sederhana dan tidak menarik. Bahkan baju yang dikenakan Nagamine seolah tidak pernah berubah, maju perang pun ia tetap memakai seragam sekolah!

Dalam waktu 30 menit Makoto dengan efektif menceritakan tentang kesepian, cinta, dan kesetiaan yang dialami para karakternya. Suasana yang terasa juga bukanlah suasana perang yang tegang melainkan suasana sepi yang didukung oleh monolog-monolog Nagamine dan Noboru. Dalam setting ‘Voices..’ muncul pertempuran angkasa dengan menggunakan mecha layaknya seri Gundam, konflik-konflik tersebut bukanlah fokus film ini, ‘Voices..’ adalah tentang cinta yang terpisah oleh jarak dan waktu.

Film singkat yang tidak akan rugi untuk ditonton. Ringan, cantik, dan efektif.

My Rating: 8/10

~ by swindleroz on November 11, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: